it konsultan

Senin, 22 November 2010

tugas array

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Semakin berkembangannya teknologi informasi membuat banyak orang yang semakin ingin mengembangkan lebih jauh tentang bahasa pemrograman. Perkembangan bahasa pemrograman ini juga terjadi pada java, walaupun java sangat sensitif tapi banyak orang yang ingin mengembangkannya menjadi bahasa yang lebih populer.

B. RUMUSAN MASALAH
• Apa itu array?
• Bagaimana mendeklarasikan array?
• Bagaimana dengan contoh-contohnya?

C. TUJUAN
• Mendeklarasikan dan membuat array

• Mengakses elemen-elemen di dalam array

• Menentukan jumlah elemen dalam sebuah array

• Mendeklarasikan dan membuat array multidimensi

D. MANFAAT
menambah wawasan serta pengetahuan pembaca agar mengetahui apa yang dimaksud dengan array dan fungsinya. Dan para pembaca dapat menganalisis mengenai array yang akhirnya pembaca dapat membuat program java dengan menggunakan array.
















BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengenalan Array

Dalam pendeklarasian variabel, kita sering menggunakan sebuah tipe data beserta nama variabel atau identifier yang unik, dimana untuk menggunakan variabel tersebut, kita akan memanggil dengan nama identifier-nya.
Sebagai contoh, kita memiliki tiga variabel dengan tipe data int yang memiliki identifier yang berbeda untuk tiap variabel.
int number1;
int number2;
int number3;
number1 = 1;
number2 = 2;
number3 = 3;
Seperti yang dapat Anda perhatikan pada contoh diatas, hanya untuk menginisialisasi dan menggunakan variabel terutama pada saat variabel-variabel tersebut memiliki tujuan yang sama, dirasa sangat membingungkan. Di Java maupun di bahasa pemrograman yang lain, mereka memiliki kemampuan untuk menggunakan satu variabel yang dapat menyimpan sebuah data list dan kemudian memanipulasinya dengan lebih efektif. Tipe variabel inilah yang disebut sebagai array. J.E.N.I. Pengenalan Pemrograman 1 2




Sebuah array akan menyimpan beberapa item data yang memiliki tipe data sama didalam sebuah blok memori yang berdekatan yang kemudian dibagai menjadi beberapa slot. Bayangkanlah array adalah sebuah variabel – sebuah lokasi memori tertentu yang memiliki satu nama sebagai identifier, akan tetapi ia dapat menyimpan lebih dari sebuah


B. Pendeklarasian Array


Untuk mendeklarasikan array :
◦ tulis tipe datanya,
◦ diikuti dengan tanda kurung [],
◦ serta diikuti oleh nama identifier.
Contoh:
int []ages;
atau
int ages[];


C. Mengakses sebuah elemen array

Untuk mengakses sebuah elemen dalam array, atau mengakses sebagian dari array, Anda harus menggunakan sebuah nomor atau yang disebut sebagai index atau subscript.
Sebuah nomor index atau subscript telah diberikan kepada tiap anggota array, sehingga program dan programmer dapat mengakses setiap value apabila dibutuhkan. Index selalu dalam integer. Dimulai dari nol, kemudian akan terus bertambah sampai list value dari array tersebut berakhir. Perlu dicatat, bahwa elemen-elemen didalam array dimulai dari 0 sampai dengan (ukuranArray-1).
Sebagai contoh, pada array yang kita deklarasikan tadi, kita mempunyai,
//memberikan nilai 10 kepada elemen pertama array
ages[0] = 10;
//mencetak elemen array yang terakhir System.out.print(ages[99]);
Perlu diperhatikan bahwa sekali array dideklarasikan dan dikonstruksi, nilai yang disimpan dalam setiap anggota array akan diinisialisasi sebagai nol. Oleh karena itu, apabila Anda menggunakan tipe data reference seperti String, ia tidak akan diinisalisasi ke string kosong “”, sehingga Anda tetap harus membuat String array secara eksplisit.
Berikut ini adalah contoh, bagaimana untuk mencetak seluruh elemen didalam array. Dalam contoh ini digunakanlah loop, sehingga kode kita menjadi lebih pendek.
public class ArraySample{
public static void main( String[] args ){
int[] ages = new int[100];
for( int i=0; i<100; i++ ){
System.out.print( ages[i] );
}
}
}
D. Contoh Array (Menampilkan sepuluh nama)

Source code:
/*NAMA :LOGIS FANROMIK
*NPM :G1A010043
*FAKULTAS :TEKNIK
PRODI :TEKNIK INFORMATIKA */

package arrayprogram;
public class Main {
public static void main(String[] args) {
String []teman= {"Arif","Alda","Fauzi", "Adi baskoro",
"Deki satria","Jery","Roby",""
,"Aciel Mio","Yuri","Rahman"};
int i=0;

while (i {
System.out.print(teman[i]+", ");
i++;
}

}
}

Penjelasan Source Code:

• satu identifier “teman” dengan memakai aturan penulisan array, seperti:


String []teman= {"Arif","Alda","Fauzi", "Adi baskoro","Deki satria","Jery","Roby","","Aciel Mio","Yuri","Rahman"};

• “i” diinisialisasikan bertipe integer, dan diberi nilai awal 0

int i=0;

• Struktur kontrol while (i
while (i {
System.out.print(teman[i]+", ");
I++;
}

System.out.print( teman[i] + “, “); berguna untuk menampilkan output teks di satu baris, (teman[i] + “, “); adalah yang ditampilkan yang merupakan array, dan i++; adalah penambahan pada i oleh 1 yang berturut-turut akan dilakukan hingga kondisi while salah.
Jika source code di atas di-run maka hasil outputnya adalah berbagai teman yang berada dalam array tersebut. Hal ini disebabkan perulangan while yang mengulangi menampilkan array teman[i] dari i indeks 0 sampai i indeks panjang array.

Print screen output dan source code:





BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan


Array adalah suatu identifier (variabel) yang dapat menampung banyak value dengan tipe data yang sama. Penulisan array dalam deklarasi masih sama dengan penulisan tipe data primitif, namun array menggunakan tanda “[ ]” yang diletakkan sebelum identifier, namun dapat juga diletakkan setelahnya. Array menggunakan kurung kurawal terbuka dan tertutup dalam pemetaan anggotanya. Anggota array mempunyai angka indeks yang dimulai dari 0 sampai n-1. Dalam menampilkan output, array tetap menggunakan identifier namun identifier ditambah tanda “[ ]” sebagai penunjuk lokasi indeks yang ingin ditampilkan. Sebuah array akan menyimpan beberapa item data dengan tipe data yang sama di dalam sebuah blok memori yang berdekatan yang kemudian dibagai menjadi beberapa slot.


B. Saran
Semakin berkembangnya bahasa pemrograman, semakin kita harus mengikuti perkembangannya bahkan kita harus bisa mengembangkan beberapa bahasa pemrograman dengan baik. Tidak hanya java masih banyak bahasa pemrograman yang harus dikuasai oleh seorang mahasiswa TI.

Demikianlah makalah saya, semoga dapat memberi manfaat bagi yang membacanya. Saya mohon maaf jika masih banyak kekurangan dalam makalah ini.





























Daftar Pustaka
http://java.lyracc.com/belajar/java-untuk-pemula/array
http://pdfdatabase.com/download/jeni-intro1-bab07-java-array-pdf-13730416.html
http://pdfdatabase.com/download/materi-5-java-array-pdf-13731099.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

BoxChat

UPDATE BOLA