it konsultan

Senin, 27 Mei 2013

REMED E_COM__ARTIKEL PHP ARRAY

SORTING ARRAY PHP


sebelumnya kita harus pahamai apa itu array?
Array adalah suatu tipe data dari suatu variabel yang dapat diassign dengan beberapa nilai yang berbeda. Mengapa variabel bertipe data array ini dapat diassign dengan beberapa nilai yang berbeda? Ya… karena dalam variabel tersebut terdapat semacam ruang elemen kosong yang masing-masing diberikan kunci indeks. Di ruang elemen-elemen itulah tempat disimpan beberapa nilai yang diassign.


Jenis Array 
Array Berindeks Numerik

$nama_array[$key] = value;

Array Assosiatif
Array asosiatif, setiap ID terkait dengan nilai.Ketika menyimpan data tentang nilai yang spesifik, numerik array tidak selalu baik untuk melakukannya.Dengan array asosiatif kita dapat menggunakan nilai sebagai 
kunci dan memberikan nilai kepada mereka


Array Multideminsi
Dalam array multidimensi, setiap elemen dalam array utama juga dapat sebuah array. Dan setiap elemen dalam sub-array dapat sebuah array, dan sebagainya.

Selanjut Pengurutan ARAY ada banyak sort array pada php yaitu:
1. asort() dan arsort() Fungsi asort mengurutkan nilai array secara ascending (dari kecil ke besar),dengan mempertahankan nilai indexnya. Sebaliknya fungsi arsort mengurutkan nilai array secara descending (dari besar ke kecil).
2. ksort() dan krsort()
ksort merupakan fungsi yang mengurutkan array pada PHP berdasarkan nilai pada indexnya, urut secara ascending (dari kecil ke besar). Sedangkan krsort merupakan fungsi yang mengurutkan array pada PHP berdasarkan nilai pada indexnya secara descending (dari besar ke kecil)
3. sort() dan rsort()
Fungsi sort() mengurutkan nilai pada array dengan tidak mempertahankan hubungan index dengan nilainya, urut ascennding, dari nilai kecil ke besar. sedangkan rsort() merupakan kebalikan sort() yaitu mengurutkan secara descending, dari besar ke kecil.
4. shuffle()
mengacak nilai pada array.
5. unset()
fungsi unset digunakan untuk menghapus array tertentu.
6.array_values() fungsi array_values() digunakan untuk menyusun kembali array yang ada (merapikan array).
7. max() dan min() fungsi max() dan min() digunakan untuk mencari nilai terbesar dan terkecil pada array.
8. array_search() fungsi array_search() digunakan untuk melakukan pencarian terhadap index dari suatu array berdasarkan nilai.
9. array_unique()
fungsi array_unique digunakan untuk memastikan nilai array bersifat unik atau tidak ada nilai kembar pada array tersebut.
10. count()
fungsi count() digunakan untuk menghitung jumlah array yang ada.

KASUS mengurutkan nama-nama asdos TI UNIB matakuliah E-comerce.

nama-nama ASDOS 
Yoza Saputra Utama (G1A004047)
Edho Akmal Hakim (G1A008037)
Abdur Rahman (G1A009001)
Handrie Noprisson (G1A009018)
source code
<?php Echo"Membuat array multidimensi mengurutkan Nama-nama Asdos E-com <br>"; echo "Nama : Logis Fanromik <br>"; echo "NPM : G1A010043 <br>"; $data = @array( Array ( Nama =>"Yoza Saputra Utama ", NPM=>"G1A004047 ", ), Array ( Nama =>"Edho Akmal Hakim ", NPM=>"G1A008037", ), Array (Nama =>"Abdur Rahman ",NPM => "G1A009001",), Array (Nama =>"Handrie Noprisson ",NPM =>"G1A009018",)); asort($data); Foreach ($data as $val){ Foreach($val as $key =>$data2) { Echo"$key : $data2"; } Echo"<br>"; } ?>
penjelasan
baris 1-4 memnculkan tulisan
baris 5 membuat variabel array
baris 6-10 merupakan data array multidimensi yang terdiri dari Nama dan NPM
baris 11 fungsi asort() merupakan pengurutan nilai array secara ascending (dari kecil ke besar),dengan mempertahankan nilai indexnya.
baris 12-14 merupakan perulangan array mengunakan fungsi foreach()
baris 14-16 menampilkan data
outputnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BoxChat

UPDATE BOLA